Kamis, 28 Maret 2013

Sahabat dan Persahabatan

   Agama islam memeberikan penghargaan kepada persahabat yang tulus dan memotivasi orang-ornag mukmin untuk mengikhlaskan persahabat karena Allah dan mencari ridhanya, serta persahabatan yang di jaga itu, akan mendapatkan pahala besar yang pantas baginya. Rasulullah saw Bersabda, 
sab_atun yudziluhumullahu fii dzillahi yauma laa dzilla illaa dzilluhu; imaamun 'adilun wasyaabun nasyaa'a fii ibadatillahi ta'aala warajulun qalbuhu muallaqun bil masjidi izaa kharaja minhu hatta ya'uuda ilaihi, warajulaan tahaabbaa fiillahijtama_a alihi watafarraqaa alaihi, warajulun dzakarallahu khaaliyan fafaadhot aenaahu, warajulun da'atshu  amraatun dzaatu hasabin wajamaalin fqala innii ikhaafullaha ta_aala, warajulun tasaddaqa bisodaqatin fa_akhfaaha hatta laa ta'lamu syimaaluhu maa tunfiqu yamiinuhu
Artinya :''Ada tujuh golongan yang di naungi Allah awtpada hari tiada naungan melainkan naungan melainkan naungan Allah, yaitu: pemimpin yang adil, pemuda/pemudi yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah, orang yang hatinya tertaut dengan mesjid ketika ia keluar sampai ia kembali ke mesjaid, dua orang yang mencintai karena Allah swt. lalu keduanya berkumpul dan berpisah karena Allah; orang yang berdzikr kepada Allah di waktu sepi hingga berlinang air matanya; seorang laki-laki yang di ajak seorang perempuan yang cantik dan terhormat namun ia menolak, seraya berkata 'aku takut kepada Allah'; orang yang bersedekah dan menyembunyikan sedekahnya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di infakan oleh tangan kanannya.'' ( HR. Bukhari. )

Rasulullah Saw Bersabda,
'' Ada seorang laki-laki mengunjungi saudaranya karena Allah, lalu Allah mengutus satu malaikat untuk mengawasinya. Lalu malaikat bertanya, ''Hendak ke mana engkau?'' dia menjawab, '' aku ingin mengunjungi saudaraku yaang bernama fulan,'' Malaikat itu berkata. ''Apa keperluanmu dengannya?'' Dia berkata. ''Tidak ada.'' Malikat itu bertanya lagi, ''Apakah kamu punya hubungan kerabat dengannya?"  Ia menjawab, ''Tidak.'' Malikat bertanya lagi, ''Apakah kamu ingin membalas jasanya?" Ia menjawab, "Tidak." Malaikat itu bertanya lagi, ''Lantas mengapa kamu mengunjunginya?" Ia Menjawab, "Karena aku mencintainya karena Allah." Malaikat  itu berkata, "Kalauj begitu, sesungguhnya Allah mengutusku kepadamu untuk mengabarkan kepadamu bahwasannya Allah mencintaimu karena cintamu kepada saudaramu, dan Dia menetpkanmu di surga.'' ( HR. Muslim. )

   Kata shadiq dalam bahsa Arab bereti teman. terambil dari kata shidq (jujur). Maksudnya, orang yang di sebut teman itu adalah orang yang jujur falam menyayangi dan menasehati. 

   Rasulullah Saw bersabda dalam sebuah hadits qudsi,
    ''Allah berfirman, 'Kecintaanku di tetapkan untuk orang saling mencintai karenaku. Kecintaaanku di tetapkan untuk orang saling berkunjung karena-Ku. Kecintaanku ditetapkan untuk orang yang saling memberi karena-Ku. DAn kecintaanku ditetepkan untuk orang yang slaing berteman karena-Ku. ( HR. Muslim. )

   Pertemanan memiliki pengaruh yang sangat kuat, sehingga kita di anjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih teman. Bahkan kita di larang berteman dengan ahli kitab dan orng yang suka bebuat dosa. sesuai yang di sabdakan Rasulullah saw,
       ''Seseorang itu mengikuti agama te,annya. Karena itu, hendaklah setiap hari kalian memperhatikan dengan siapa kalian berteman.'' ( HR> Abu Dawud. )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar